Konro Bakar Makassar Menggoyang Lidah

Kepulan asap iga bakar dari panggangan menyambut ketika masuk Restoran Coto Makassar dan Sop Konro di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Asap iga yang semerbak membuat perut berselera minta makan.

Meski perut sudah lapar, tapi tetap harus bersabar. Karena saat tiba jam makan siang, restoran ini selalu padat pengunjung. Semua meja penuh terisi. Tak heran, banyak orang menunggu antri dapat tempat duduk.

Restoran ini, seperti namanya, memang menjual makanan Makassar. Salah satu makanan yang paling banyak dipesan oleh pengunjung adalah sop konro bakar.

Sop Konro  sendiri merupakan sop iga khas dari Bugis dan Makassar. Sop iga ini tak berkuah bening. Kuahnya justru hitam pekat karena menggunakan buah kluwek yang juga biasa digunakan dalam bumbu rawon.


Dalam perkembangannya, konro tak hanya direbus dan dimasukkan ke dalam kuah sup saja. Tapi juga dibakar dan disajikan terpisah dengan kuahnya.



Semangkuk sup konro bakar  lepas tulang di restoran ini dihargai Rp 40.000. Untuk iga bakar sendiri, disajikan secara terpisah dari kuahnya.



Meski tanpa kuah, iga bakar tetap nikmat disantap karena disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Iga yang lembut dicocol ke dalam saus kacang, rasanya seperti makan sate namun dengan daging yang lebih lembut.

Kelembutan iga dikarenakan sebelum dibakar, iga direbus terlebih dahulu dengan bumbu rempah. Tak heran, daging iga pun dengan sempurna lumat di mulut dengan mudah karena begitu empuknya.

Namun, bagi Anda yang ingin menikmati sensasi rasa rempah yang lebih kental, ada baiknya memasukkan iga bakar  ke dalam kuah sup konro.

Rasa ketumbar yang khas padu padan di lidah dengan bawang goreng renyah, membuat kuah konro  menjadi gurih dan segar. Cocok untuk menemani iga bakar.

Untuk menambah cita rasa dari kuah konro, Anda bisa menambahkan jeruk nipis dan sambal, sehingga kuah supnya terasa asam segar.

Kenikmatan sop konro bakar  ini membuat restoran ini tak pernah sepi. Penjualnya, Alicia mengaku dapat menjual sebanyak 200 porsi jika sedang ramai. Apalagi saat menjelang libur lebaran.

Wilayah Kelapa Gading memang dikenal sebagai penjaja sop konro bakar. Setidaknya dalam satu baris ruko saja, sudah terdapat 3 restoran sop konro.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.